Promosi
Promosi merupakan komunikasi oleh pemasar yang menginformasikan dan
mengingatkan calon pembeli mengenai sebuah produk untuk mempengaruhi
suatu pendapat atau memperoleh suatu respons (Lamb, 2001:146). Kegiatan
promosi dimulai dari perencanaan, implementasi, dan pengendalian
komunikasi untuk menjangkau target pasar.
Menurut Philip Kotler, ada beberapa jenis kegiatan promosi yang sering disebut juga bauran promosi (promotion mix), yaitu:
Periklanan (advertising)
Periklanan adalah berbagai bentuk presentasi dan promosi non-pribadi
yang dibayar mengenai gagasan, barang, atau jasa yang oleh sponsor yang
teridentifikasi (Kotler, 2004 : 639). Sedangkan tujuan periklanan adalah
tugas komunikasi tertentu yang harus dilakukan terhadap khalayak
sasaran tertentu spesifik selama periode waktu tertentu.
Promosi Penjualan (sales promotion)
Promosi penjualan terdiri dari insentif jangka pendek untuk mendorong
pembelian atau penjualan dari produk atau jasa (Kotler, 2004: 660). Bila
pemasangan iklan dan penjualan pribadi menawarkan alasan-alasan untuk
membeli produk atau jasa tertentu, promosi penjualan menawarkan alasan
untuk membeli sekarang. Secara umum, promosi penjualan harus menciptakan
hubungan dengan konsumen, bukan hanya menciptakan penjualan jangka
pendek saja, atau pergantian merek secara temporer saja. Promosi
penjualan harus membantu memperkuat posisi produk dan menciptakan
keterkaitan jangka panjang dengan konsumen.
Hubungan Masyarakat (public relation)
Hubungan masyarakat merupakan alat promosi massal dengan memupuk
hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan dengan memeroleh
publisitas yang menguntungkan, membentuk citra koperasi yang bagus, dan
menangani atau menghilangkan rumor, cerita, dan peristiwa yang tidak
menguntungkan (Kotler, 2004 : 668).
Salah satu alat hubungan masyarakat yang utama adalah berita (news).
Para humas profesional menemukan atau menciptakan berita yang
menguntungkan tentang perusahaan, produknya atau orangnya. Kadang-kadang
berita terjadi secara alami, dan kadang orang humas dapat menganjurkan
dilaksanakannya event atau kegiatan yang dapat menciptakan berita.
Pidato (speeches) dapat juga menciptakan publisitas produk dan
perusahaan.
Penjualan Pribadi (personal selling)
Penjualan pribadi merupakan suatu situasi pembelian di mana dua orang
melakukan komunikasi dalam upaya untuk mempengaruhi satu sama lainnya
(Lamb, 2001:146). Kedua unsur ini, baik pembeli maupun penjual memiliki
tujuan yang khusus yang ingin mereka capai. Gagasan paling akhir pada
subjek dari penjualan pribadi menekankan pada hubungan yang berkembang
antara seorang tenaga penjual dan seorang pembeli.
Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung (direct marketing) adalah sistem pemasaran yang
bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan
untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang
lokasi (Tjiptono, 1997:232). Dalam direct marketing, komunikasi promosi
ditujukan langsung kepada konsunen individual, baik melalui telepon,
pos, atau dengan datang langsung ke tempat pemasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar